Webinar Instalasi Listrik Rumah, Pentingnya Instalasi Yang Benar Dan Aman

(sttmcileungsi.ac.id) CILEUNGSI – Program Studi Teknik Mesin Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi bersama STTM Learning Center menggelar Webinar dengan tema “Instalasi Listrik Rumah”, pada Sabtu (24/7).

Webinar ini dibawakan langsung oleh Sekretaris Prodi Teknik Mesin STTMC Hilman Sholih, MT. Judul ini diangkat agar mahasiswa dapat mengembangkan keilmuan-keilmuan diluar keahliannya. Acara ini sendiri berlangsung kurang lebih selama 2 jam.

Narasumber dalam webinar ini yaitu Asep Saepudin, MT. merupakan praktisi dibidang Mechanical dan Electrical yang sudah berpengalaman selama puluhan tahun. Beliau dalam webinar ini mencoba untuk memberikan pengetahuan terkait Instalasi Listrik dan membagikan pengalaman praktisnya.

Dalam pengantarnya Asep Saepudin mengatakan bahwa di dunia industri memang antara mesin dengan listrik tidak bisa dipisahkan, apalagi sekarang di eranya kampus merdeka, mahasiswa itu harus mempunyai keahlian yang multi talenta, sehingga bisa bersaing didunia industri.
Kita berusaha selalu belajar selagi Allah berikan umur panjang sampai akhir hayat.

Pada sesi awal pemateri memberikan pre-test kepada peserta untuk mengetahui pengetahuan peserta tentang dasar kelistrikan di rumah.  Soal pre-test berjumlah 40 soal pilihan ganda dengan durasi waktu pengerjaan selama 5 menit.

Asep Saepudin menjelaskan tujuan dari perancangan instalasi listrik ada 2, yaitu yang pertama adalah; untuk menjamin keselamatan manusia, makhluk hidup lain dan keamanan harta benda. Lalu yang kedua; berfungsinya instalasi listrik dengan baik sesuai dengan maksud penggunaanya, baik ekonomis, rapih dan mudah dalam perbaikannya.

Selain itu pemateri memberikan beberapa contoh rangkaian instalasi listrik yang baik serta mengenalkan bahan-bahan yang digunakan untuk instalasi listrik rumah. Dan yang tidak kalah penting adalah penjabaran mengenai jenis kabel dan standar warna kabel yang digunakan dalam instalasi listrik rumah, yang pastinya mengacu kepada IEC (International Electrotecnical Commision).

Asep Saepudin membagikan tips-tips menghitung daya yang sesuai dengan kebutuhan, agar daya yang dihasilkan tidak melebihi kapasitas yang ada, sehingga meminimalisir terjadinya overhight/ kebakaran. Adapun tips-tips diantaranya;

  1. Pastikan kemampuan MCB tidak lebih besar dari kemampuan hantar arus kabel.
  2. Pilihlah jenis kabel yang tepat dengan kebutuhan listrik di rumah.
  3. Hitung beban keseluruhan yang akan digunakan, agar didapat nilai arus kabel yang sesuai.
  4. Desain instalasi listrik harus memakai grounding, agar aman dan selamat.

Di akhir sesi, Asep Saepudin menyampaikan “khoirunnas anfauhum linnas”, kita harus menjadi orang baik yang bisa bermanfaat untuk orang lain. Dengan digalakannya kampus merdeka kita harus serius dalam belajar, kita harus belajar diluar konsen keilmuan kita, harus belajar yang lain juga. Supaya bisa memberikan wawasan ketika diskusi dengan atasan atau pun rekan kerja.

Dalam kuliah kita berusaha semaksimal mungkin, sehingga kita bisa lulus tepat waktu. Mudah-mudahan dengan usaha dan doa yang maksimal, kita menjadi orang yang sukses dunia dan akhirat.

 

Penulis : M. Ajiz H

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*