STT Muhammadiyah Cileungsi Berikan Bantuan Mesin Pencacah Sampah

sttmcileungsi.ac.id – Pengelolahan limbah sampah organik dan non organik berdampak pada kenyamanan di lingkungan terutama diperumahan Pesona Vista-Mekarsari, Cileungsi. Adapun di perumahan pesona vista terdiri dari 4 RT, namun yang aktif dalam hal pengelolaan sampah baru 3 RT.

Pemasalahan yang juga terjadi dilingkungan perumahan pesona vista ini pengambilan sampah yang diambil oleh pihak terkait, membutuhkan waktu 3-4 hari setiap minggunya. Dalam kondisi itu timbul ketidak nyamanan dilingkungan, mulai dari bau sampah, sampah berceceran karena dimakan tikus. Sebagaimana bentuk Tri Darma Perguruan Tinggi, Sekolah Tnggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi memberikan Solusi yang ditawaran dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini yaitu pengelolahan sampah organik dan non organik untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar perumahan dan menciptakan suasana yang sehat dilingkungan warga perumahan pesona vista.

Sampah organik akan dikelola untuk menjadi kompos cair maupun padat, kemudian sampah non organik akan dipilah untuk dijadikan crusher, yang bisa dijual ke pengelola plastic. Dalam pengelolahan sampah organik akan memanfaatkan alat pencacah sampah organik dan alat pencacah sampah plastik jenis HDPE. Metode yang dilakukan adalah pendampingan langsung dilapangan. Adapun target dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, pengelolahan sampah yang ramah lingkungan dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Pengelolahan limbah sampah organik dan non organik berdampak pada kenyamanan di lingkungan terutama diperumahan Pesona Vista-Mekarsari, Cileungsi. Adapun di perumahan pesona vista terdiri dari 4 RT, namun yang aktif dalam hal pengelolaan sampah baru 3 RT. Pemasalahan yang juga terjadi dilingkungan perumahan pesona vista ini pengambilan sampah yang diambil oleh pihak terkait, membutuhkan waktu 3-4 hari setiap minggunya.

Dalam kondisi itu timbul ketidak nyamanan dilingkungan, mulai dari bau sampah, sampah berceceran karena di makan tikus. Sebagaimana bentuk Tri Darma Perguruan Tinggi, Sekolah Tnggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi memberikan Solusi yang ditawaran dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini yaitu pengelolahan sampah organik dan non organik untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar perumahan dan menciptakan suasana yang sehat dilingkungan warga perumahan pesona vista.

Sampah organik akan dikelola untuk menjadi kompos cair maupun padat, kemudian sampah non organik akan dipilah untuk dijadikan crusher, yang bisa dijual ke pengelola plastic. Dalam pengelolahan sampah organik akan memanfaatkan alat pencacah sampah organik dan alat pencacah sampah plastik jenis HDPE. Metode yang dilakukan adalah pendampingan langsung dilapangan. Adapun target dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, pengelolahan sampah yang ramah lingkungan dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan menciptakan lapangan pekerjaan. (Said)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*