Kunjungan ke Pondok Pesantren El Tahfidz

Cileungsi, sttmcileungsi.ac.id STT Muhammadiyah Cileungsi melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) melakukan  kunjungan ke beberapa tempat di daerah Jonggol Jawa Barat pada Ahad(9/9).  El Tahfiz, sebuah pesantren di daerah yang merupakan ujung timur kabupaten Bogor ini menjadi tempat pertama yang dikunjungi tim. Pesantren ini terdiri kurang lebih 400 santri terdiri dari SMP hingga SMA.

  • Suasana Pesantren

Ketua LPPM, Wilarso menelisik potensi apa yang bisa dilakukan STTM untuk  pengembangan pendidikan di pondok pesantren. “STTM ada rencana pengabdian masyarakat yaitu penerapan air bersih siap minum di pondok pesantren sini ” ujarnya. Dengan luas lahan mencapai 4,8 ha dan jumlah santri yang semakin banyak, kebutuhan air bersih siap minum sangat dibutuhkan. selain itu, penerapan air bersih dapat menghemat waktu dan efisiensi bahan bakar untuk memasak imbuhnya.

Pak Asep, perwakilan dari pesantren El Tahfiz menyambut baik rencana tersebut dan siap untuk mendukung sepenuhnya program-program yang akan dijalankan oleh STTM Cileungsi di pesantren. Selain rencana penerapan teknologi, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) beserta dosen juga akan dilibatkan dalam mengadakan pelatihan. Pelatihan yang dimaksud berupa design grafis dan komputer. “Meskipun santri tapi tetap harus dibekali teknologi”
ujar ketua LPPM.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*