Kecamatan Cileungsi dahulu merupakan daerah perkebunan dan pertanian, kini telah berubah menjadi kota industri yang berpenduduk 57.722 jiwa. Industri-industri tersebut banyak membutuhkan sumber daya dan tenaga kerja trampil yang memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi yang hanya dapat diperoleh melalui Perguruan Tinggi. Disadari atau tidak sebagian sumber daya manusia yang bekerja di perusahaan-perusahaan besar, menengah dan kecil di wilayah Cileungsi jumlahnya 96 perusahaan dan memiliki karyawan sebanyak 30.302 orang adalah kebanyakan lulusan SMU dan SMK, sementara Cileungsi saat ini tidak memiliki Perguruan Tinggi Teknik, hanya ada satu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan beberapa lembaga pendidikan non-formal, yang kapasitasnya tidak banyak membantu menampung lulusan Sekolah Menengah Umum dan Sekolah Menengah Kejuruan se wilayah Cileungsi dan sekitarnya, sehingga memaksa mereka pergi jauh kekota-kota besar.

Berdasarkan analisis, prediksi lulusan siswa SMU tahun 2001/2002 se Jabotabek, kurang lebih sebanyak 80.000 lulusan, hanya dapat ditampung oleh Perguruan Tinggi Negri dan Swasta tidak lebih dari 60 %. Program So dan D3 baik perguruan tinggi negri maupun swasta hanya mampu menampung sekitar 20 % sedangkan daya tampung untuk S1 diperkirakan sekitar 40 %, akan kemanakan sisanya yang 40 % lagi ??? Sementara lulusan SMU dan SMK di Cileungsi untuk tahun 2002 diperkirakan 858 siswa SMU, 883 siswa SMK dan 27 siswa Madrasah Aliyah. Dari analisis tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa banyak lulusan SMU dan SMK pada tahun 2002/2003 tidak dapat melanjutkan studinya di Perguruan Tinggi karena daya tampung yang terbatas.

Kondisi tersebut diatas menggugah Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cileungsi untuk mengambil inisiatif mendirikan satu Perguruan Tinggi Teknik guna menampung lulusan tersebut, hal ini merupakan wujud keinginan dan keikutsertaan persyarikatan Muhammadiyah dalam upaya membangun manusia Indonesia melalui Lembaga Pendidikan Tinggi. Dengan mensinergikan dunia pendidikan tinggi dan dunia industri, diharapkan menghasilkan tenaga-tenaga trampil yang memiliki skil dan kompetensi dalam bidang industri.
Dengan berdirinya Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi akan menambah kiprah Muhammadiyah dalam mempersiapkan tenaga-tenaga terdidik yang trampil dan professional, memiliki kompetensi teknologi industri, bertanggung jawab terhadap pembangunan sumber daya manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia modern, yang merupakan tujuan utama pembangunan Nasional.