Kepedulian Perguruan Tinggi Dalam Mengembangkan Kampung Mulyasari

Cileungsi, sttmcileungsi.ac.id – Pagi yang cerah di sekitar kampus STTMC terasa indah untuk melakukan aktifitas.Tanggal 15 September 2019, LPPM STT Muhammadiyah Cileungsi bersama dengan dosen, BEM, beberapa orang mahasiswa Teknik Industri dan Teknik Informatika, melakukan kegiatan kunjungan rutin ke Kampung Mulyasari-Bogor. Pada saat itu Ketua STTMC ,Firmansyah Azharul, turut serta bersama rombongan. Kehadiran beliau menambah meriahnya kunjungan terebut.Perjalan menuju Kampung Mulyasari dilakukan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Sedangkan barang-barang yang akan disumbangkan kepada warga diangkut dengan mobil operasional kampus. Dengan kondisi jalan yang ekstrem perjalanan itu cukup menguji nyali tim.

Menurut Ketua Prodi Teknik Informatika yang turut serta dalam kunjungan ini, Pria Sukamto, perjalanan menuju Mulyasari benar-benar biasa. Di zaman seperti ini masih ada daerah yang jauh dari teknologi. Sarana dan prasarana kehidupan masyarakat juga cukup sederhana. Akses menuju Kp. Mulyasari masih berupa medan yang berat. Tentu saja hal ini harus menjadi perhatian dari pemerintah dareah maupun pemerintah pusat.

Keadaan itu menjadi sarana perguruan tinggi untuk mengabdi kepada masyarakat. Perlu ada penelitian yang berguna untuk masyarakat di daerah Mulyasari dan sekitarnya. Mahasiswa dan dosen perlu berinteraski dengan masyarakat Kampung Mulyasari untuk menambah wawasan dan mencari potensi yang bisa dikembangkan.

Di sisi lain Bapak Iskandar, salah seorang dosen yang turut serta menjelaskan bahwa dosen-dosen harus berperan aktif untuk mengetahui kondisi sekitar kampus, seperti Kampung Mulyasari, agar memahami kehidupan masyarakat di wilayah sekitar kampus. Selanjutnya bisa memetakan potensi yang dikembangkan sesuai iptek yang dipelajari dari kampus sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dalam ramah tamah antara Ketua STTMC dan sesepuh Kp. Mulyasari disepakati bahwa pengembangan yang harus dilakukan. Sarana dan prasarana seperti jalan menuju ke kampung Mulyasari dibutuhkan untuk mengangkut hasil bumi, agar tidak membutuhkan waktu yang lama sampai tujuan. Peningkatan pendidikan yang saat ini masih kelas jauh, masih minim sekali perhatian dari seorang guru dari pemerintah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*